Melihat ke depan

Gue lagi bingung mao masuk ke uni mana nih... Yang gue bingung adalah pilihan untuk sekolah di luar atau di sini (indo) and sekarang gue mao sharing pandangan gue ma lu orang, plz comment buat masukan yah ^^.. (* : akan dibahas lebih lanjut)

Di Luar Negeri
(+)
- Tersedia fasilitas seperti wireless internet, lapangan olahraga, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang kaga ada di Indo.
- Pelajaran lebih bagus daripada di Indo (tidak semua univ)
- Bisa berbahasa asing (inggris, mandarin dll) dengan baik (kalo punya temen2 orang sana, and inggrisnya dilatih terus :p)
- Tinggal di lingkungan multicultural environment, berarti kita bisa bergaul dengan orang-orang luar negeri yang berbeda latar belakangnya, budayanya dll. Berarti pergaulan kita akan semakin luas.
- Hidup mandiri
- Gaji pertama setelah lulus cukup tinggi untuk sebulannya. (Singapur ±2500-3500 S$, Jpn ±250.000 yen dll) - agak sotoy dikit gpp deh :p
- Kalau balik ke Indo, lebih dihargain sama perusahaan-perusahaan tempat kita ngelamar.

(-)
- biaya sekolah dan hidup mahal.. (kecuali lu dapet beasiswa)
- Koneksi orang indo kurang*
- Walaupun gaji tinggi, biaya hidup disana juga tinggi.
- Ga ada waktu buat ngembangin diri di bidang lain (belajar musik, bergaul dll) jika sekolah di univ2 bagus yang kerjanya belajar molo. (Yang ini asumsi gue doank lho)
- Kalo balik ke Indo, mendingan ga usah bandingin gaji lu di indo sama biaya sekolah and hidup lu di luar. Bisa-bisa 10 tahun ga balik modal (ekstrim :p)
- Jauh sama keluarga.
- family member sport centre jadi ga kepake, ga bisa olahraga seenaknya (pribadi :p)

Di Indo
(+)
- Lebih deket sama keluarga, jadi kalo mao ngunjungin lebih deket (kalo di luar kota) - kayak anak mami aje hehe.
- Koneksi orang indo*
- Biaya relatif lebih murah dibanding luar negeri
- Tahu lebih dalam kebudayaan, cara berpikir (mindset) orang Indonesia.*

(-)
- Pelajaran ga sebagus di luar negeri (tidak semua univ) dikarenakan kualitas pendidikan Indonesia kurang diperhatikan.
- Fasilitas univ kalah dengan luar negeri.
- Lulusan indo kalah pamor dengan lulusan luar negeri (untuk univ2 tertentu) buat nyari kerjaan.
- Cuma bisa 1 bahasa, bahasa indonesia (kecuali univ2 yang menggunakan bahasa inggris atau ngambil jurusan sastra inggris, mandarin or watever..)

Dari garis besar di atas gue nyimpulin bahwa aspek positif dan negatif sekolah di luar lebih banyak daripada aspek positif n negatif di indo (kalo ada yg mao ngusulin tambahan aspek + maupun - tolong comment).

Tapi yang paling gue perhatiin adalah hal koneksi dan kebudayaan (mindset) orang indo.
1. Gue sebagai orang yang berintensi untuk kerja di indo (semoga), ngeliat bahwa kalo sekolah di indo, kita bakal punya lebih banyak koneksi, relasi yang bakal kita butuhkan nanti kalo kita kerja (baik kerja sama orang maupun usaha sendiri). Memang, di luar negeri juga banyak orang indo, tapi permasalahannya apakah mereka akan balik ke Indo melihat gaji dan fasilitas2 yang ditawarkan disana? Mungkin hanya sedikit dari mereka yang bakal balik ke Indo.

Orang yang mengandalkan koneksi mungkin sering kita sebut melakukan tindak nepotisme dan kronisme (cronyism). Tetapi gue sendiri, berusaha untuk menjadi orang yang tidak munafik, juga berpikir bahwa koneksi sangat membantu dalam usaha and kerja gue nanti. Dunia sekarang, menurut gue, kita tidak hanya harus pintar (ip tinggi dll), tetapi juga harus pintar bergaul untuk mencari relasi tersebut dan gue berpikir kalo sekolah di Indo, kesempatan gue untuk dapet relasi jauh lebih banyak dibanding kalo gue sekolah di luar.

Gue berpikir kalo di dalem negeri, bakal daftar ke ITB.. (kalo diterima syukur deh hehe) Sekarang di ITB itu kan ada yang namanya PMBP ato yang lebih kita kenal dengan nama jalur khusus, atau mandiri. Bayarnya kira-kira 45 jt uang pangkalnya, tetapi uang semesterannya biasa. Tetapi 45 jt aja, kata temen gue kemaren yang test lewat jalur PMBP ada 600 orang dan tidak semuanya diterima tentunya. Gelombang kedua akan diadakan nanti tanggal 6-8 juni.
Dari sini gue berasumsi bahwa murid-murid ITB walaupun murid-muridnya ga sepinter dulu (karena seleksi yang ketat) tetapi rata-rata keadaan ekonomi dari murid-murid tersebut lebih tinggi dibanding murid-murid dulu. Dengan begitu, kalo mao cari relasi, koneksi yang istilahnya 'setara' jauh lebih banyak sekarang :D

2. Mindset orang indo mungkin dapat dideskripsikan masih berbelok-belok dibanding orang-orang luar negeri (negeri2 yang sudah maju tentunya). Salah satu contohnya yang paling gue alami skrg adalah masalah duit. pokoknya ada duit, semua beres.

Gue sedang bangun rumah, jadi banyak bahan-bahan bangunan gitu di depan rumah gue. Ternyata, untuk taruh batu bata di depan rumah aja, kita harus bayar ke preman (istilah dari penguasa daerah tersebut) rp. 15 per batanya.. taruh semen sekian rupiah, taro kayu sekian rupiah. Mau bangun rumah aja mesti bikin surat perjanjian ke preman tersebut dan bayar dalam jumlah yang cukup buat hidup berkecukupan 1 bulan. Ketika lantai 2 and lantai 3 mao dicor, dateng lah pak lurah, hansip-hansip dari segala penjuru untuk minta uang.. Jadi ya dapat lu orang itung sendiri deh duit yang lu butuhkan buat biaya 'serba-serbi' nya itu.. hehe
Mirip juga halnya ketika di tanah abang. Udah bayar parkir biasa, terus di dalem parkirannya ada preman. Mao parkir bayar 5000 lagi. Jadi misalnya lu 1 jem.. berarti 2000+5000 hehehe (kata sopir gue).
Di sisi lain, ketika mao buat passport (sekarang dipersusah) 450 rb dalam 3-4 mingguan.. kalo ga salah. Tapi kalo mao cepet ya 2-3 kali lipet haragnya dan hasilnya juga 3 kali lebih cepet.. mungkin 5-7 hari selesai.

Mungkin itu ajah.. Plz comment..

posted by edgar @ 7:04 PM,

12 Comments:

At 11:40 PM, Blogger Rheza Louis said...

tanggepan buat postingan sblum2nya:
1. lo bener2 udah menemukan keasikan blajar ya? aduu, gw jadi sirik.

2. nanya santai aja, ga bermaksud menimbulkan perdebatan ato apa: edgar mau, jadi guru? >__<

3. ttg succes is my right, kunjungin ini deh http://gojalization.blogspot.com[agak ngiklan dikit gapapa ya?]. ga penting si, lucu aja tuh blog.

btw, kbelet banget ya, dapet komen? sampe nulis2 'komen plz'. hahaha, nih, komen gw. tulisan lo bagus loh, menarik, inspiratif, dan berbobot. ga nyangka edgar uda lama nulis blog. masak gw baru tau skarangggg >__<. trus nuliss! omong-omong, lo ga nulis pake inggris lagi?

 
At 11:05 PM, Blogger edgar said...

1. Ya, belajar itu dalam berbagai hal deh. Kayak belajar dari orang lain. Jgn pernah ngeremehin orang lain, biarpun di depan mata lu tuh orang ga ada apa2nya. Pasti deh ada yang bisa kita pelajarin. Belajar menulis begini.. Kalo belajar akademik mah gue juga masih males2 hehehe :D

2. Ngak ah.. gajinya kecil haha.

3. Udah gue liat noh.. heuheuhe.. Kreatif jg lho isi blognya :D

Kalo masalah pake bahasa inggris.. agak males gue.. Soalnya mikirnya jaoh lebih lama. Diksi katanya itu lho hehe. Vocab gue masih sempit sich ^^. Tapi nanti diusahakan deh

 
At 12:07 AM, Anonymous Anonymous said...

hey bro.. some comments on your blog here..
studying abroad (+)
yeah.. pretty much all u said there, just wanna add that the experience u would achieve is totally worth it..
(-)
seeing indonesian economic condition.. yeah what can u expect... it IS expensive.. but like i said, the experience is totally worth it. Moreover, from what i've gone through, you DON'T compare dollars to rupiahs on essential things like living etc. When u're living here, stay with its currency (except when u're shopping lol).
There is always time to expand your hobby. Even if you are THAT busy, you can always spare sometimes to do it. After all, we DO need refreshing.
Maybe being apart to friends and family would be the hardest problem. But it is a risk to take.
Stay in indo (+)
to be honest, except the last one, they all seems like minors to me.. but still, maybe your thinking differ with mine..
bout the last one, you have been living in indo for like 18 years, man.. what DON'T u know bout indonesian?? u don't need to learn their mindset anymore.. and also, when u make friends with total foreigner, u're gonna explore ur indo mind.. coz u'd tell them bout ur home country and u'd have to explain how indo mind goes..(trust me, I've been there.. and they find indo mind bit hilarious lol)
(-)
yeahh.. it's all there lol..

1 thing, it doesn't matter whether u study in berkeley or UI.. as long as u REALLY do it.. put ur mind to it.. that's why, i think u should pick ur uni based on ur comfortability more than the far far future (job, etc) so that u can enjoy ur study and achieve more. However, don't let anyone or anything bend what u have in mind. Make ur own decision and be sure that u're not going to REGRET..
Leonhard Alvin
*maap ya gar kalo jelek hohoho

 
At 11:41 PM, Blogger zara said...

oi gar.. gw ni zara...
mnurut gw si lu mau skola pa diluar ya sama aja.. tergantung niatnya si..

klo mnurut gw ni,, org2 pada bilang kalo skola di luar emang lbi gampang rusakk.. emang bner si orang2 sini lbi dmen clubbing,, suka one night stand and wadsoever.. tp kenyataan nya ga dikit anak muda indo yang tinggal di indo rusak.. jdii kita walau gimanapun musti tahan banting dan pinter2 milih tmen..

trus,, masala koneksi.. mnurut pendapat gw si.. kemungkinan bsar kalo lu skola diluar juga,, lu bontot2nya bakal balik tmenan ma anak2 indo juga,, jadi lu ga usa takut kalo lu ntar balik indo ga ada koneksi.. soalnya dr my observation si cuma skitar 10% anak indo yang skola di luar pngen ttp di luar dan ga mau pulang indoo..

lagian klo lu skola diluar,,, mau ga mau lu pasti knal ma anak luar aja,, dan for sure.. lu bakal ngeliat dunia lbi luas lagii.. lu bakal tau gmn cara pikir orang luar.. lu bakal tau budaya luar gmn,, lu bakal tau macam2 hal yang lu ga tau sbelumnya..

dan gw percaya kok kalo org yg skola di luar bakal lbi appreciate org tua mereka.. uda ngabisin duit relatively lbi banyak, trus karena mereka jauh ma ortu dan sodara2nya.. mreka bakal lbi sayang dan respect ma keluarganya.. inget idiom distance makes heart grow ponder kan?? it does work.. beleieve me..

kayaknya gini doank de gar,, bingung gw mw bcot apa lagi,, ntar de kalo i have other ideass gw post comment lagi.. bye.. gud luck!!!

 
At 12:26 AM, Anonymous Anonymous said...

alvin : betul2.. saya setuju.. makasih hehehe.. semoga awet deh sama anak jis itu.. tambah betah aja lu wakkaka. nanti tumbuh yang namanya 'cinta tanpa disadari' lho vin hahaha

zara : makasih zarrr, opinimu bagus :D yang penting kita bisa jaga diri yaa..

 
At 12:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Yoo!! Hehe ni Aswin niy, spupunya Ella.. Ehehe, I didn't xpect to find ur writing here in i-net hehe.. Regarding ur blog about where to continue ur study, dun be such a baby! Go as far as u can! Hehehe..

Well I guess I cannot add any more ideas since all the good reasons are already covered above.. I juz wanna add my calculation here.. According to my Casio FP-8900SX calculator, if u do ur uni outside with a rate of US$25,000/year compared to Indo with roughly US$5,000/year, u'll get ur money back faster if it's abroad assuming average fist salary of an engineer (which most likely a CC guy would take as his job) of $50,000/year is true! Indo--> barely $8,000/year for the same type of job.

Okay forget about those stupid numbers, what I'm trying to say is that u shud think in a more sophisticated way. In my opinion this means u hv to think about the money u'll get hahaha (pathetic).. Well my goal is to get a good money u knoe =p Screw education!! Praise the money!! (okay I'm a lunatic I must confess at this point)

Next point, hahaha living far away from ur parents is HEAVEN!! Hahahhahaa u shud experience it urself, damn it I miss my fam but it's fun at the same time! Beside eventually u'll end up being alone at ur workplace and then u'll hv to build ur own fam, so why not start earlier? ;)

And no worries about not having enough time for doing ur stupid hobbies.. Haha j/k. It all dependes on what kinda person u r, not on the univ u'r in (in my opinion) yea I mean for example eventho I'm not in a greatest univ, but I still hv time to browse all over the net, doing this doing that, make stupid comments on ur blog at this particular time (1:27 am) when I'm having a physics final exam in a less then 6 more hours.. Stupeed..

Finally, I hope u keep in ur mind that those all comments are personal opinions and thou shall not make any decision based on those stupeed statements..

BTW, in my generation, I didn't find any CC students making any blogs whatsoever.. Since when??!!

Ow and I think u guys did a good job on Grease, in terms of that relationship u built 2gether with CC (Cang Cimul) which seems pretty solid. I've never seen such thing between CC and any other schools b4.. CMIIW tho..

Kk now I gotta hit the book bro! Take care and good luck for ur finals!

-Aswin was here-

 
At 1:09 PM, Anonymous Anonymous said...

Oh yes I forgot to mention that those numbers are general expression a.k.a. sotoy numbers! But u can do ur own survey. That's my survey.

Adding furthermore, yeah did anybody here mention that the experience u'll get by having relationships with people from other countries is one of the most good and reasonable reasons for u to get ur ass out of indo? Please change the the way u think.. I'm sure that u'll not lose ur connection (refers to koneksi in Indo) with Indos.. Indeed, u'll get to know a lot more cultures from all over the world which I'd say is even more precious then the one u'll get by juz staying in Indo.. Umm what I mean is that it's good to be in a diverse society with a various cultural background as it can open ur mind and will make u be able to see Indo from others' perspective. In addition, I'm also pretty sure that it'll be appreciated more in the future if u'r workin' in a multinational company since of course they're looking for people with more exp of dealing with various people from various countries, am I right? It'll be one of ur advantages..

OMG I'm still on the same page as b4 =.=

 
At 9:47 PM, Anonymous Anonymous said...

edgar yg lg bingung..
jangan kau bingung2 lagi

berdasarkan pengalaman gw tiga taon di melben..
taon pertama gw belajar doang
taon kedua seimbang maen2 dan belajar
taon ketiga banyak senang2
*doh, makin ancur ya?!

eniwei, dari 3 taon gw di sini
gw belajar banyak banget
1. tanggung jawab
bayar listrik, rent rumah, telfon kalo ga mau servis diputus, atau didenda!!!
apa2 mesti ngurus sendiri, dan itu memaksa elo *calon kepala keluarga yang baik dan benar* belajar mandiri
trus, mengatur duit! bener2 kerasa kalo ortu kasih duit sekali2 aja, krn pas baru dapet berasa orang plg kaya sedunia

2. mengurus diri sendiri
kalo lo ga masak, silakan kelaperan
kalo lo ga beresin rumah, silakan tinggal di rumah berantakan
kalo lo ga cuci baju.. etc etc..
yaaa.. kalo emang duit unlimited, bisa aja tiap hari makan di restoran atau cari cleaner siiih..

3.freedom
ini yg selalu gw kangenin kalo gw plg indo. hehehehe. bener2 bisa seenaknya deh, tidur terserah, main terserah, blajar jg terserah. elo atur aja sendiri semuanya.
dan sbg cw, gw dijaga ketat di indo, kemana2 sama sopir, ga boleh naek bajaj sendirian, naik taksi mesti hati2 etc. di sini, puas banget naik turun tram/train seenaknya. kalo mau pergi, tinggal jalan, ga perlu ngatur2 jadwal mobil. dan anti macet! hohoho *ga nyambung*

4. network
ini pinter2nya elo aja bergaul. malah menurut gw bisa lebih luas, ga terbatas di indo. mungkin pas udah kerja nanti, elo balik indo dan temen2 luar negeri lo bisa tuker2an info.

5. culture
kita tuh bisa dibilang dari lingkungan homogen. yaa.. elo anak cc sekolah cowo semua gt si. tp rata2 di cc tuh secara etnis, agama, latar belakang mirip2. kalo lo sekolah ke luar negeri, bener2 bisa belajar budaya negara lain *asal ga temenan ma orang indo lg yah*
satu temen deket gw orang korea yg lahir di oz. dia yg kasih insight ke gw gimana dia grow up di sini, budaya korea clashing ma oz..

terus, menurut gw, di indo tuh ga keliatan ancur karena elo masih sma, temen2 lo jg relatively anak2 "baik". pas elo udah kuliah, atau bahkan udah kerja, lo bakal liat kalo orang di indo sama aja ancurnya ma yg di luar negeri. di indopun banyak one night stand, clubbing etc etc.. nah.. persiapan buat yg mau jd mahasiswa, jangan kaget ngeliat beginian yah.. hehehehe..

6. hobby
gw cinta banget ma ngatur2! *dasar tukang ngatur* hehehe
maksudnya, gw cinta banget organisasi gt. dan itu yg gw kehilangan banget disini. *ga tau kenapa gw ga join ppia, altho gw ikutan mudika kadang2*
tapi, di taon ketiga, gw organise dinner dance buat satu course gw. challenging abis, karena komitenya orang2 dari luar negeri semua: indo, inggris, oz, thai, italia. seru kan?!
sejujurnya banyak banget yg dikorbanin, khususnya waktu belajar, tapi ternyata dua2nya lewat aja: dinner dance sukses, pelajaran ga ada yg fail.
satu kunci sukses tu time management, salah satu pelajaran penting yg sampe skrg gw masih fail.. hahahaha..
banyak banget kegiatan disini yg bisa lo ikutin, malah kdg2 gw merasa lebih banyak kesempatan buat berkembang di sini *call me on msn for further info*

gw ga tau positif/negatifnya sekolah di indo karena gw ga pernah ngerasain, jd gw ga bisa kasih comment. tp gw hepi2 aja sekolah disini. gw merasa gw belajar banyak hal2 yg ga bakal gw lakuin kalo di indo *misalnya memasak!*

negatifnya sekolah di sini, mahal bo! hahaha.. kadang2 berasa dirip off jg. tp menurut gw sebanding sama fasilitas yg ada. fasilitas olah raga mayan lengkap dgn harga murah, laboratorium lengkap dan ga perlu rebutan, lab komputer gratis dgn internet yg mayan cepet. trus di sini student dapet harga spesial kalo nonton bioskop, atau ke kebon binatang, intinya kebanyakan dapet harga spesial. hehehehe. trus2, gw kangen ma ade gw yg jelek nan nyebelin itu! hihihi gw lg homesick banget...

oh ya, kalo lo milih jurusan, motivasinya cuma ada satu: pilih yang elo suka! sekolah tuh ga ada yg gampang, tp kalo lo suka, jdnya gampang2 aja. dengerin kata orang buat masukan bagus, tp inget bukan mereka yg bakal ngejalanin susahnya..

sekian dari saya.. panjang bener yah?!

 
At 11:37 PM, Anonymous Anonymous said...

hmmm........si edgar ga mau di bilangin langsung,......ya udah deh kita mulai aja. gw mau nambahin negatifnya....
selain jauh dari keluarga
gw merasa kalo ke luar negeri, kalo saja (moga2 kaga) keluarga kita ada yg kena masalah (penyakit berbahaya terutama) kita ga bisa di samping mereka san gw udah pernah mereasakan itu gar.....itu berat......
terus.....bila kita keluar.....dengan perlahandan pasti,....kepribadiannya kita pasti akan berubah.....ada yg berubah secara drasti dan ada yg ga bgt terasa.....tapi apakah keluarga kita langsung bisa menerima perubahan kepribadian kita pada saat kita balik??? pasti akan terbentuk GAP di antara hubungan kita dan keluarga.....yah postifnya sih udah diutarakan semuanya...oh iya satu laggi di luar sana banyak HOT BABES........hehehehe ya suwdah
kalo ga bermutu......maaafkan saja

 
At 12:36 AM, Anonymous Anonymous said...

Hai hai..EdGaR, masi bingung juga ya sampe sekarang??

Well, last time I've given my comments personally.. so, this time just wanna share something more.. =)

Edgar, the KEY is YOU.. cos it is your life, your future. What ur friends said are true, but we can just give U some consideration, not decision.

Listen what Ur heart said, Edgar.. Do as U really want. As long as u feel it's worth, U would have no regrets. ^_^

# HoPe U aLL tHe BesT #

 
At 1:07 PM, Anonymous Anonymous said...

heii! ini tentang masalah uangnya doang sih:

menurut gw, jangan takut bayar sekolah mahal-mahal! apalagi kalo sebenernya mampu tapi ga mo keluar uang banyak.. kenapa? karena "Sekolah adalah investasi"

di mana investasinya?
- univ di Indonesia kira2 biayanya 100 jt, dan abis itu dapet gaji minimal 2 juta / bulan = 24 juta / taun. jadi 4 taun Break Event Point (BEP)

- univ di Singapur kira2 biayanya S$20000 / th = Rp. 500 juta ampe lulus. tapi abis lulus gajinya sekitar S$1500 / bulan: dalam 4 taun BEP juga.

- univ di Amrik kira2 biayanya US$40000 = Rp. 1.6 M ampe lulus. tapi abis lulus gajinya sekitar US$3000 / bulan. dalam 4 taun BEP juga.

loh ternyata sekolah di mana2 dalam 4 taun udah bisa break event? jadi jangan merasa rugi sekolah di sekolah yg mahal..

 
At 3:27 PM, Anonymous Anonymous said...

bener lu der, tapi gue liat di website http://www.bankrate.com/brm/itax/2004taxrates.asp ya di amerika itu kalo gaji kita 29-70rb buat single filer, taxnya 25%

so you will get only:
75/100 x 40.000
its about 30k us$

terus hidup sebulan bisa 600$-1000$, coba ambil 800$. jadi setahun 9600$.

BEP in 8 years, dengan catatan lu ga naek gaji dan lu ga boros haha..

 

Post a Comment

<< Home