"We got number 2 3 and 4! *Laughing* "

Ini cerita dari temen gue yang diterima di NTU lalu diwawancarai sama orang singapore, dalam bahasa inggris tentunya. Kata temen gue, tuh orang tanya macem-macem, dari bagaimana menurut anda di singapore, mengapa anda memilih sekolah di ntu etc. Sampai pada suatu pertanyaan yang dia ceritain dan sangat menarik untuk diperdebatkan.

(translated) I : interviewer, F: temen gue
I: Kemarin pas appreciation day lu ranking brapa untuk angkatan kelas 3?"
F: Rank 3 tuh..
I: Terus temen-temen lu yang diterima di NTU pada rank berapa?
F: Surya rank 2, marvin rank 4..
I: Wah.. berarti kita dapet nomor 2, 3 dan 4.. hahahaha (tertawa)

Langsung terlintas dipikiran gue.. Untung aja dia belum tau kalo kevin handaya (salah satu temen gue yang diterima di NTU jg) itu rank 5 (kira2), tejo 10 besar.. dan untung juga derianto (rank 1) ga daftar ke NTU.. kalo ngak, tambah sombong aja tuh NTU.

Dari sini gue bisa ambil pandangan dari 2 sisi:
1. Sisi pertama yaitu gue melihat bahwa Singapura adalah negara yang sangat peduli akan pendidikan. Bayangkan, mereka menawarkan beasiswa (70% untuk semua murid dan beberapa 100%) dan pendidikan yang boleh dikatakan american inclined yang sudah berkualitas dan diakui dunia internasional (mereka mengikuti sistem pendidikan amerika).. Jadi, mereka yang ga beduit, asalkan pinter bisa masuk ke NTU and NUS dengan loan yang dapat dicicil selama 20 tahun lamanya. (loan interest dimulai saat mereka sudah lulus)

2. Sisi kedua, gue melihat ketidakmampuan indonesia untuk menjaga SDM nya. Bayangkan, 3 orang terpintar di Canisius, bahkan bisa dibilang 3 orang terpintar di Jakarta untuk angkatan gue diambil oleh Singapur. Tidak hanya dari Jakarta saja, tetapi banyak dari daerah-daerah yang merupakan juara-juara olimpiade maupun yang hanya lolos ke babak-babak tertentu juga diambil oleh NTU maupun NUS. Memang, mungkin sebagian kecil dari orang-orang pinter ini bakal balik setelah kerja selama beberapa tahun di Sing walaupun fasilitas yang disediakan di Singapur lebih enak. Tetapi apa daya usia produktif dari pemuda-pemudi Indonesia ini (20-30an) sudah diambil oleh Singapur.. Indonesia, istilahnya, dapet sisa doank dari singapur..

Sedih rasanya melihat keadaan begini. Gue, sebagai salah satu orang indo, merasa seperti tertampar. Tapi apa daya.. memang kualitas pendidikan Indonesia masih begitu. UI saja, yang merupakan sekolah negri, menuntut pendaftar untuk membayar 25 jt baik dari jalur PMDK dan SPMB. Saya pernah ngobrol dengan dosen teknik industri di UI yang sudah bekerja belasan tahun.. dan dia berkata bahwa gajinya sebulan hanya sekitar 2-3 juta sedangkan saya bandingkan dengan gaji dosen amerika yang gajinya kalo dirupiahin setahun bisa ratusan juta bahkan sampe miliaran rupiah.

Logikanya, saya berasumsi bahwa kalo gaji guru aja cuma kira2 2-3 juta, apakah masih banyak orang-orang yang berdedikasi tinggi untuk pendidikan,tidak memperhitungkan gaji dan yang paling penting adalah cerdas dan tahu bagaimana cara mengajar yang menarik bagi anak muridnya? Gue ngerasa di sekolah gue itu guru-guru yang pinter sangatlah berkurang jumlahnya. Gue sempet denger cerita dari temen gue, dan temen gue itu denger dari pak Iskandar, salah satu guru CC yang udah pensiun tahun lalu, gue sempet dapet lho. Jadi ceritanya, tahun 96 itu banyak guru-guru katolik yang 'diambil' oleh SPH yang baru buka. Mereka digaji sekitar 4 juta (jumlah yang cukup besar untuk tahun 96) dan beberapa dari guru tersebut ada yang dibiayai untuk ambil S2 di swiss, dan setelah pulang ke Indonesia mereka diberi tempat tinggal dll.

Keadaan tambah diperparah dengan munculnya sekolah-sekolah national+ maupun sekolah international. Gaji bule-bule di sekolah-sekolah begitu, mungkin 2-3 kali lipet lebih tinggi daripada guru indo yang ngajar di sekolah yang sama. Padahal, gue pernah ngobrol-ngobrol sama guru international school, dan ia cerita bahwa bule-bule tersebut pernah cerita ke tuh guru bahwa tuh bule, walaupun S1, hanyalah turis yang kehabisan duit dan mencari uang tambahan di Indonesia. Gaji guru indo, walaupun lebih kecil daripada bule, tetep aja lebih tinggi daripada gaji guru national school.. Lantas saja guru-guru muda yang berpotensi bagus, mana mau masuk ke national school kecuali beberapa hal seperti national school yang sudah terkenal, national school yang memberi gaji besar (dalam hal ini sedikit). Sedihnya..

"Memang uang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang boo.." Itu kata-kata guru Fisika gue yang sekarang udah pindah ke PH, dan jadi asisten yohanes surya.

Gue cuma berharap.. bahwa pendidikan Indonesia bisa lebih baik daripada sekarang ini, karena gue memperhatikan bahwa banyak sekali pemuda-pemudi yang berpotensi tetapi tidak dapat dikembangkan secara penuh karena sistem pendidikan yang tidak optimal..

posted by edgar @ 11:35 PM,

1 Comments:

At 6:17 PM, Blogger LUV said...

I wonder what SMU says about me... Maybe some kind like
"We got that stupid little missy that almost failed to pass her second grade of highschool due to the bad marks at her math and physics!"
d~uh... T_T

 

Post a Comment

<< Home