Bandung oh.. Bandung part III.

Hari IV (7 Juni 2006)

Hari ini, pengawas yang baru, berbeda dengan kemarin, bilang ga boleh pake jaket.. Wow.. hebat sekali.. Ada murid yang ngomong “kemaren disuruh pake jaket”. Balasannya “gpp, lepas aja”
Alhasil? Ada anak yang sakit, di belakang gue, masuk angin sepertinya. Dia jadi ga bisa mengerjakan dengan maksimal kan? Apa ITB bertanggung jawab? Mereka terlalu sibuk ngurusin 1 anak yang masuk angin gara2 ketidakprofesionalan regulasi yang diberlakukan.

Setelah ngobrol-ngobrol bareng anak cc, ternyata ada ketidaksamaan aturan. Jadi tes bakat skolastik dibagi 3 bagian, dimana waktu yang disediakan 20 menit untuk sesi verbal 45 menit untuk deret dan 25 menit untuk analisis. Di ruangan gue, setiap sesi di timing. Pada sesi pertama, peserta ga boleh ngerjain sesi 2 dan 3. setelah sesi pertama selesai, peserta tidak boleh mengerjakan sesi pertama lagi dan harus lanjut ke sesi kedua dst. Tetapi hal beda terjadi di ruangan temen gue. Mereka diberikan kebebasan dalam waktu 20+45+25 menit tersebut untuk mengerjakan sesi mana duluan. Kalo begini, mana yang dirugikan yah?

Sesi tes bahasa inggris.. waktunya 1 jam. Gue selesai 30 menitan, ga ada kerjaan deh. Akhirnya gue ngobrol sama pengawas, kebetulan dia itu karyawan di ITB. Setelah ngobrol-ngobrol, dapat ditangkep bahwa inti dari pembicaraan tersebut adalah mereka kecewa dengan apresiasi ITB terhadap pekerja yang sudah lama kerja. Ia, sebut saja S, juga sempet ngobrol sebelumnya sama pengawas yang jg karyawan ITB. Karyawan tersebut menyebutkan dia udah bentuk usaha sendiri, soalnya jadi pegawai negeri (karyawan ITB) nanti kalo pensiun gawat. (gue nguping lho ini hahaha). S juga cerita sekarang banyak karyawan yang di tawarin pensiun muda.. pada mereka berusia 50-54 tahun. Kalau pada usia segitu mereka udah kerja 28 tahun, uang pensiun mereka sekitar 24 jt rup, kalo 55-58 lebih murah uang pensiunnya. Dedikasi selama 28 tahun hanya dihargai sebesar 24 jt rup.. Memang keliatannya besar.. tapi dia bilang.. kalo dibandingin pertamina.. lulusan sma udah kerja lama bisa dikasih 100-200 jt. Jauh bukan? Haha..

Selesai test, kita bukannya belajar. Tapi kumpul di hotel gue : gue rianto purba ma ucrit ngegosip.. ke ciwalk (cihampelas walk) terus ke valley deh. Di valley bagus bgt, 40 rb ud kenyang, kan minumnya air putih aja refill + gratis haha. Pemandangannya top, dan kita foto-foto disana dan yang pasti ada adalah acara ‘gosip’ hahaha.. besoknya tes mipa terpadu, tapi kita belajar ngegosip. fotonya (thanks buat ucrit bawa digicam hehe)


kiri ke kanan : gue, rianto, purba, ucrit (kyk di luar negeri bo haha :p)


Kembali ke hotel gue, disana tambah orang buat ngegosip yaitu dito dan ap hehe. Tambah seru aja ngegosipnya. What a nice moment, i’ll miss those times.. hiks..

What a nice time, i’ll miss that moment :)

Hari V (8 Juni 2006)

Setelah tes mipa terpadu gue pulang ke Jakarta. Gue sakit perut, kata dokter gara2 tegang tes di ITB. Untung cepet sembuh :)

Wisnu dateng ke bandung, jalan2 ma ucrit rianto purba dito dkk. Maap wis gue ga ikut jalan2 hehe..


Di bandung gue dapat beberapa hal.
1. Pengetahuan berharga mahal.. gue harus mengeluarkan biaya sebesar kurang lebih 500 rb untuk pengetahuan yang gak bakal gue lupain :)
2. Menejemen dan regulasi peraturan yang asal-asalan akan merugikan peserta USM ITB sendiri. Sehingga dapet gue simpulkan dengan menejemen yang baik, peserta akan bisa dengan maximal mengerjakan tes dan tidak ada yang merasa dirugikan.
3. teman-teman sangatlah berharga buat kita :)

Overall, gue suka ma lingkungan Bandung :)Gue bangga juga indo punya univ seperti ITB, Cuma 1 hal yang bikin kecewa kecewa.. menejemen yang ga baik pada USM untuk universitas sekelas ITB.

posted by edgar @ 11:02 PM,

1 Comments:

At 11:18 AM, Anonymous Anonymous said...

Well.. the fact is : manajemen di Indo memang masih banyak bgt yg ga bagus. Apalagi utk perusahaan2 nasional.. no offense, krn emang itulah yg terjadi.. entah knp, lembaga2 atau perusahaan nasional itu sering kali manajemenya ga baik, ga spt yg luar punya atau yg joint (gabungan Indo & foreigner)..

gw kadang2 mikir, knp org Indo banyak* yg ga belajar dari cara org luar mengelola usaha & negaranya ya? biar mrk lebih maju gitu.. (*banyak ga berarti ga ada ya.. =b) Misalnya dari cara pemberian fasilitas & reward untuk pegawai, itu udah keliatan bgt bedanya. Contohnya di Astra, dana pensiun itu dihitung berdasarkan lamanya kerja & level. jadi setiap org akan terima tunjangan sesuai dgn lamanya pengabdian & kontribusi mrk utk perusahaan itu.. kalo mnrt gw, emang begitulah yg adil.

makanya ga heran org2 yg berpendidikan tinggi & berpikiran maju lebih milih utk berkarir di perusahaan asing. krn reward & fasilitas yg mereka terima jauh lebih baik & peluang utk karir jg lbh bagus. soalnya kemajuan karir di sana tergantung dari intelligence & ability, bukannya koneksi & pendekatan ke atasan.

Sekolah juga gitu. Kalo di luar (temen g banyak yg cerita), mrk akan diberi fasilitas & kemudahan supaya bisa dpt pendidikan yg baik & belajar senyaman mungkin. apalagi kalo exam, sekolah & pengawasnya akan mendukung biar lu bisa bener2 konsen ke ujian.

mm..Mungkin krn di sini masi banyak org yg kolot, sulit menerima masukan & keterbukaan.. atau krn pandangan & wawasan yg sempit.. Semoga aja dgn semakin banyak org Indo yg berpendidikan, open-minded & berani mengadakan perubahan, manajemen di Indo akan semakin baik yah.. =)

maybe entah berapa belas atau puluh taon lagi, kita akan bisa liat lembaga2 di Indo (khususnya sekolah), udah teratur & lebih memperhatikan kepentingan org lain ya, edgar.. hahaha... =b

*SC*

 

Post a Comment

<< Home