Indahnya...

Merenung akan Indahnya Indonesia..
Merenung akan Indahnya Jakarta...
Merenung akan Indahnya masa-masa di Canisius (SMA)..

Pada artikel ini, gue mao sharing pengalaman gue sebagai seorang pelajar SMA yang mau meninggalkan Canisius, Jakarta dan Indonesia.

Kira-kira seminggu yang lalu, setelah gue menerima letter of provisional acceptance dari SMU, gue telp SMC (agen consultantnya SMU–red) dan sudah dipastikan bahwa 90% gue bakal diterima di SMU secara sementara (karena gue masih harus nunggu hasil UAN waktu itu dan masih harus melakukan medical checkup dll)

Ketika mendengar berita ini, spontan aja perasaan senang, bangga muncul. “Wah gue diterima di univ yang gue impi-impikan”. Perasaan yang belum pernah gue dapet pada waktu gue diterima di univ-univ lain. Maaf, gue ga bermaksud meremehkan univ lain yang gue daftar, tetapi karena memang prioritas pertama gue dari dulu SMU dan juga usaha extra yang udah gue perjuangkan untuk mendapatkan tuh univ.

Gue langsung aja telp Ernest (kakak kelas gue di CC yang skrg di SMU –red) dan cerita-cerita tentang hal ini. Satu hal yang menggerakkan hati gue ketika dia menyinggung soal teman-temannya yang udah terpencar di berbagai sekolah. Dia bilang bahwa nikmatilah masa-masa akhir bareng temen-temen pas liburan ini, soalnya setelah nanti pencar, mau gabung lagi susah. Ada masalah ketika kita pulang negeri, temen-temen kita masih ujian, ataupun ada yang pulang dari luar negeri.

Gue baru sadar, selama ini agak jauh dari 'dunia sosial' gue. Gue sibuk dengan pengembangan diri sendiri yang bersifat individual seperti belajar membaca, berenang, main game online dll dengan maksud agar gue tidak 'kaget' dengan individualitas di sana. Gue udah jarang jalan-jalan bareng temen-temen sekolah, ke café-café dll.

Mungkin banyak dari mereka yang udah sadar bahwa mereka akan meninggalkan teman-teman mereka di Canisius, Jakarta ataupun Indonesia. Tapi gue lain, gue baru sadar seminggu yang lalu. Gue terlalu sibuk sama diri gue dan lupa, padahal waktu yang tersedia buat gue hany tinggal 1-2 bulan lagi. bahkan sudah ada temen gue yang pegi..

Gue yakin, nanti setelah gue sekolah di luar, gue bakal kangen banget sama temen-temen gue, kangen juga sama hal-hal di Indo
dari yang jelek :
macet, makanan kotor & bermicin, preman-preman di tomang yang nyetopin mobil buat 1000, kopaja and mikrolet si raja jalanan, motor yang selalu benar walaupun dia salah.
sampe yang bagus :
ada pembantu, kemana-mana ada mobil and supir, ga usah repot karena ada yang cuci piring, pokoknya diservis terus deh, harga barang murah, hidup santai dll.

Gue yakin, seyakin-yakinnya, akan rindu ini semua.

Pesan buat teman-teman seperjuangan gue pas main bola, main game, mudika, maupun belajar :
1. Dimas a.k.a samid, opa
Wahai yang jadi temen gue udah 10 tahun.. jangan lah baca komik sambil tiduran molo, belajar tuh mandarin dan inggris!~ wakkaka.. btw, jadi pemain bola aja di jepang, APU mid! Jangan kebawa emosi dengan hal-hal kecil, apalagi sama nyokap lu hehe.

2. Darryl a.k.a arab
Temen sekelas gue yang hitungan kadang-kadang, udah sekelas 3 tahun.. gimana ga bosen?! Dari basa basi pas masuk kelas 1 sma, sampe ngakak, ngambek, marahan, ngerjain orang bersama-sama pas kelas 3.. sorry bro gue kemaren ga ke airport, sorry banget. Rugi jg sich gue ga bisa liat lu na**** ahaha.

3. Matthew
Gue suka bgt cara mengkritik orang lu yang bagus and pedes, tapi inget tiu, ga semua orang bisa terima cara lu :). Lebih banyak lagi menghargai pendapat n pandangan orang lain.. sejauh ini udah meningkat jauh dibanding dulu hehe.. semoga tambah jago lu maen bolanya, gue usahain gue bs dapet transfer ke US, maen bola bareng, haha :D

4. Teman-teman mudika
Ini komunitas yang paling hebat yang pernah gue ikutin. Yang paling gue salut dari komunitas ini adalah rasa kekeluargaannya, hebat bgt deh. Gue bakal rindu bgt event-event mudika dari retreat sampe tablo kemaren.. Gue udah nganggep lu orang sodara-sodara gue. I'll miss u all my bros and sis.
kiri ke kanan meja depan
(erika, matthew, gue, alvin, ruth, aris)


5. Teman-teman Canisius n Sanur
Terima kasih atas segala-galanya selama 3 tahun ini, semoga pertemanan dan persahabatan kita ga bakal hilang begitu aja.. Kalo sukses jangan lupa ma temen-temen lu lho!~ haha.. ingat.. kejujuran penting untuk membangun negara yang lagi sakit ini.

6. Teman-teman SD-SMP Kemurnian II
thx bgt buat dukungannya baik selama 3 tahun, 6 tahun maupun 9 tahun. masa lalu lah yang membentuk gue jadi seperti ini.

I'll miss you all.. semoga persahabatan ini bakal abadi.

(Maaf, kalo ditulis semua, ga bakal muat, yang mao minta pesen dari edgar ini, panggil aja di msn ya wakkaka. )

Buat gue sendiri :
Gue akan coba jadi pribadi yang ga plin plan, dan yang paling penting adalah gue harus menjaga kesehatan gue. So, sorry2 aja nih kalo gue paling bawel soal makanan, esp. makanan dipinggir jalan haha.

foto bareng tim bola cc kelas 3 di grad night

(darryl, gue, yosa, matthew, acun)


Ernest jg bilang “lu akan melihat indahnya Jakarta dari pandangan seorang yang di luar negeri.”
Dalem ati gue “Gue tunggu nest.., hahaha”
Anyway, thanks to Ernest.. ga nyangka lho gue nest wakkaka :p

Good luck buat 2 temen gue yang udah ke ausie melanjutkan sekolahnya, mita and darryl. semoga dapat berjuang semaximal mungkin disana, jgn macem-macem lho wakkaka :p

posted by edgar @ 10:21 PM,

11 Comments:

At 7:52 PM, Anonymous Anonymous said...

haRi GeNe baru nyadar kebersamaan teman2 gar? *dgn nada yg sering gw ucapkan.. ahaha... gw akan slalu inget lu itu org yg paling susah diajak jalan2.. alias dmnnya ngendep kyk keong di rmh.. ga bagus tau gar.. sok- sok kulitnya putih... ckckk.. co paan tuh kulitnya *cling cling kyk ce.. malah lbih putih dr ce.. hahuahuah.. pelopor makai sunblock klo mau main bola gar? huehuehe.... paling cerewet soal makanan.. beh, diajak pulang gereja mkn bakmi bangka bersama ga mao.. mkn apa ga mao.. haha.. pokoknya klo ngajak dy makan puyenk dah, maunya apaa coba.. haha.. *kita si dah maklum =).. co yg rapuh.. gampang sakit.. klo diajak pgi pasti sebagian besar alasannya lg sakit.. entah itu sakit perut, masuk angin, kaki bengkak,kecapean, dll.. hahaha.. co yg berumur 18 taun tp dlmnya dah kyk bapak2.. ahha... cth: kmrn ke metro marina, "wah tmpat ini cocok buat invest.." mntang2 diterima smu gar? hahaha.. gossiper.. hauhauh.. tiap kali ada gosip baru dy pasti dah tau duluan.. ckck.. *tp sygnya pelit bagi2 gosip.. haha.. dan masih banyaaak lagi... males jg ya disebutin 1-1 haha.. btw, kpn nih gar traktir2 diterima smu nya??? skalian farewell nya jg dunk gaarr.. *gw jg nebeng.. hauhauha...
pokoknya pas gw brangkat harus anter yehh... awas ada yg ga anterr.. ga dimaapkan.. hahahha...

 
At 8:46 PM, Anonymous Anonymous said...

hahaa.. dasar. kalo gue pegi duluan lu yang anter yeh. dasar perempuan tak berperasaan, masa cewe yang lain nangis lu doank yang ga nangis haha.

makanya itu, gue mao ke luar aja, semoga dengan udara dan makanan yang lebih bersih, kesehatan gue bakal membaik hoho. terima kasih telah jujur lho komennya :D gue bakal tunjukkin jadi orang sehat walafiat hoho

 
At 10:00 PM, Anonymous Anonymous said...

oi...... kok 10 tahun sih?? 12 tahun boo.... dari umur 6 tahun kita udah main bola bareng di lapangan bola surya wijaya 4....
keringat, canda tawa, air mata, darah, serta omelan2 dari RT dan warga sekitar menghiassi kenangan kecil kita....
yah.... lu lupa doain lu dan org2 bujank yg lain, supaya dapet jodoh... HAHAHAHHA....
walaupun jarak memisahkan, tp dengan kenangan yg sudah kita alami bersama, kita bakal tetep jadi teman .... aehauhea
gak ada lagi ketawa lepas dari lu, gak ada lagi "Gak bisa gak bisa gak bisa " dari lu...
gak ada lagi tepukan-tepukan di pundak dengan ritme sindiran....
wakakakakka itu semua jadi salah satu kenangan terindah gar.... santai aja... lu balik kita bakal main bola lagi... main warnet lagi... ke cafe Ohla**(gak bayar royalty) yg mahalnya minta ampun... yah semoga lu sukses di sana, sehat, kalo lu bingung, tetapin hati, tanya tuhan dan keluarga....aheuaheuahe udah ah sekian dulu....

 
At 1:36 AM, Anonymous Anonymous said...

huahahaha emank gini nih orang yg baru akan meninggalkan jakartaa.. bawaannya mellow2 kaya bkln pisah selamanya (dulu gw jg gitu si gar wakakkaa). Yah pokoknya good luck aja deh buat lo ya gar, sori gw ga bakal bisa nganter, uda cabut duluan gw hehehe... pesen gw, lo walopun bakal ninggalin jakarta, jangan lupa ama jati diri lo sebagai EDGAR ISKANDAR. Edgar yg kita kenal, dengan kribonya, ketawanya yg menggelegar, dan semuanya.. waktu lo jatuh disana, ingetlah smua temen2 lo, kluarga lo, smua kenangan2 indah lo disini, dan gw yakin lo bisa bangkit lagi.. inget bahwa lo pegi ga selamanya, dan ketika lo balik, lo mesti menjadi org yg bisa bikin smua org yg lo tinggalin bangga.. thats what i learn... pisah sama temen bae tu emank sedih, tapi klo lo emang temen bae, sejauh apapun lo kepisah, pasti deep inside lo bakal selalu konek.. intinya.. ati2 di jalan.. jangan ane2, moga2 cita2 lo tercapai...
ttg mudika bona, gw setuju ama lo, dan mewakili komunitas tercinta ini, gw mw bilang lo juga sodara kita.. sejauh apapun kita berpisah, kita tetep sodara.. jgn berubah krn kita ga bkl berubah.. jgn melupakan krn kita ga akan melupakan, jgn meninggalkan krn kita ga akan meninggalkan.. kita percaya ama lo, lo akan menjadi org yg besar.. AMIN.. GBU always gar
Leonhard Alvin -mewakili mudika Bonaventura-

 
At 10:01 PM, Anonymous Anonymous said...

idih.... klo lu ga nangis brarti lu co ga berperasaan jg donk? hahahaha... *kita liat nanti yehh... >=) aminnn deh kita smua diberikan umur yg panjang dan sehat selaluu.. hohoho

 
At 9:17 PM, Anonymous Anonymous said...

waww..

gw suka banget ama blog ini..hehe..rata" orang klo uda maw pegi dari suatu tempat *entah dari skolanya keq..atau mo ke luar negeri* baru sadar betapa enaknya tinggal di jakarta dan betapa indahnya kenangan ma teman"..hehehe..

klo nanti loe pegi,dan pas gw lagi ke greja santo..gw ga bakal liat loe lagi yah,gar ?hehe.. dari dulu ampe skrg,setiap ktemu loe d greja santo,gw ga perna nyapa loe..hanya melihat dan menatap *alah* dari kejauhan.. ! x)

sekian.


PS : keep contact on msn ok? ^^

 
At 1:16 AM, Anonymous Anonymous said...

komen santet sama samid udah kaya testi fs buat lo gar! hahaha
btw, gw ga mau panjang lebar ah. pokoknya semoga kita sukses dalam cita dan cinta!!! aminn.....

 
At 12:44 AM, Anonymous Anonymous said...

edgarrr.....

salut deh buat perjuangan lo ke SMU! cipratan keringet lo berkutat dgn soal2 SAT nyampe kok gar ke sini! hhuehe... im proud of you garr... i really am! =)

anyways, keep in touch ya garr... belajar yg rajinn.. tapi jangan lupa bersosialisasinyaa... we are sooo young, remember? i always want my life to be COLORFULLLL... wish you wanted the same! =)

 
At 12:42 AM, Anonymous Anonymous said...

Edgar, semua yg Alvin bilang itu bener bgt.. Gw sampe terharu bacanya, vin hehehe.. that's what i also feel.. =)
Well, my dear bro & all Bonaventurian, this song is for U..

* Remember Me This Way *

Every now and then
We find a special friend
Who never lets us down

Who understands it all
Reaches out each time we fall
You're the best friend that I've found

I know you can't stay
A part of you will never ever go away
Your heart will stay

(to : Chorus)

I don't need eyes to see
The love you bring to me
No matter where I go

And I know that you'll be there
Forever more a part of me, you're everywhere
I'll always care

(to : Chorus)

And I'll be right behind your shoulder watching you
I'll be standing by your side in all you do
And I won't ever leave
As long as you believe
You just believe

Chorus :
I'll make a wish for you
And hope it will come true
That life would just be kind
To such a gentle mind
If you lose your way
Think back on yesterday
Remember me this way
Remember me this way

"Me" in that song = Us (BoNa)

Be yourself wherever you are, Edgar.. Remember, in every step of your life, U always have our prayer & love.. =)

*a part of Bonaventura*

 
At 11:40 AM, Anonymous Anonymous said...

gua inget lho... tapi lho pasti bakal nglupain gua. kamu janji mau ketemu saya tapi ternyata kamu kasihkan ke rayyy tetalysy awasss kelakuan gitu lagiii! Gua inget Graduasi CC. ternyata kamu kasih ke orang lainnnnn janjimu boong!!!!! Kamu gak perlu tau nama gua tapi kamu pasti inget gua! Orang Bangka pantang menyerah brooor, adepin semua di SMU yang baik yahhhhhh sukses untukmu. Salam untuk erent disainer temu kolese. AMDG

 
At 1:00 PM, Anonymous Anonymous said...

eh gw baru komen skrg. gak penting yee.. betul abis tuh kata santet.
sebenernya yg cw kita apa elu ya gar. tiap kali kok sakit ini sakit itu. makan ini itu gak mau. diajak pergi paling susah.. kebanyakan alesannn. idih idih.

bagus bgt lo gak nganter gw. eh tapi lu graduation day si yee..
ya uda lah gudlak pokoknya di spore. blajar gar jangan cita2 lo cari cecan doang. jgn ngegosip terus, dosa tau dosaa...

jangan somsom sampe sana.. rajin2lah skype.
*msn, masi jaman?!*

yasud smoga disana makin sehat, gak sakit2an lagi. makin rajin.
makin pintar melihat celah dan peluang, semoga sukses sampe beneran buka pabrik di cina.
kalo uda sukses, yang paling penting jgn lupa teman lamaa...

anw gw belom ditraktir lo pas ultah, gw ingetin. utang bengawan solo lu juga belom lunas, gw ingetinnn.. pokoknya kalo kita pas balik tanah air bareng.

yasud, doakan gw disini juga ya..

well.. i'll see you when i see you. (des 2007?) ahahaha

 

Post a Comment

<< Home